Cara Budidaya Lobster Air Tawar Dengan Benar

Cara Budidaya Lobster Air Tawar Dengan Benar

arsdbombers.com – Lobster adalah salah satu makanan yang berasal dari laut yang banyak dicari penggemarnya, walau harganya bisa dikatakan didak murah tetapi sajian lopster selalu ditunggu penggemarnya.

Kenapa sampai harga lopster bisa sangat mahal? Tentunya karena untuk bisa menyantap satu ekor lopster di meja makan ada pejuang-pejuang yang rela mempertaruhkan hidupnya untuk bisa menangkap hewan laut yang satu ini.

Lopster bisa kita jumpai di dasar laut yang mempunyai arus yang sangat kuat, seperti di pinggir laut yang ada tebing karangnya.

Biasanya banyak berkumpul hewan laut yang satu ini, bisa kita bayangkan bagaimana ombah laut yang membentur karang.

Pasti sangat keras benturannya dan sangat berbahaya arus dibawahnya, maka dari itu untuk bisa menikmati satu ekor lopster dengan varian rasa menurut selera harga yang harus dibayarkan sangat mahal.

Tetapi anda semua tidak perlu khawatir, kalau memang menginginkan menyantap hasil olahan lopster dengan harga yang terjangkau.

Cara Budidaya Lobster Air Tawar Dengan Benar
Cara Budidaya Lobster Air Tawar Dengan Benar

Sekarang anda bisa meyantap lopster dengan ukuran yang lebih kecil dan bisa dibudidayakan di air tawar.

Namanya adalah lopster air tawar, kalau anda memang berniat ingin membudidayaannya pasti akan sangat mudah.

Karena kita bisa menjumpai air tawar dimanapun kita berada, berbeda dengan air laut, karena hanya ada di suatu tempat saja, dan tempat yang biasanya susah untuk dijangkau.

Berbeda dengan air tawar, kita bisa dapati dimana saja dan kapan saja, kalaupun harus mengeluarkan biaya, tentunya tidak akan semahal budidaya di air laut.

Sebagai perbandingan saja, kalau kita membeli ikan hias yang berasal dari laut, pasti perawatannya juga sangat ekstra, dari air laut yang harus dibeli, makanannya, dan perawatan setiap bulannya pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berbeda dengan ikan hias yang dibudidayakan dari air tawar, selain banyak macamnya perawatan setiap bulannya juga sangan mudah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Memang ikan hias yang berasal dari laut warnya bisa lebih bagus, tetapi perawatannya sangat susah kalau anda belum berpengalaman. Bisa-bisa ikan hias yang anda beli akan mati karena kurangnya pengalaman.

Cerita di atas adalah sebagai bahan perbandingan saja, kembali kita ke pokok bahasan awal yaitu lopster air tawar.

Budidaya lopster air tawar merupakan peluang yang besar bagi anda yang berminat membudidayakan lopster air tawar.

Kalau anda memang benar-benar berminat, membudidayakan lopster air tawar dihalaman rumah pun bisa.

Jadi anda bisa membudidayakan lopster tanpa harus menyewa lahan kalau menginginkan membudidayakan lopster air tawar.

Anda bisa memanfaatkan halaman, pakarangan rumah dan lahan kosong yang ada disekitar anda.

Untuk itu kami di sini akan membagikan beberapa cara budidaya lopster air tawar yang kami punya, tidak ada salahnya membagikan ilmu yang kita punya, karena semakin banyak orang tahu maka semakin banyak juga menyerap tenaga kerja.

Baca Juga :

Bagaimana cara membudidayakan lopster air tawar? Berikut ini beberapa tata caranya :

1.Pemilihan Media Lopster Air tawar

Anda bisa menggunakan media apa saja, bisa kolam tanah, kolam semen, kolam fiber dan apa saja yang bisa untuk membudidayakan lopster air tawar.

Tetapi kami sarankan kalau anda ingin membudidayakan lopster air tawar hendaknya menggunakan kolam tanah.

Kalau kolam seperti kolam semen, kolam fiber dan sejenisnya digunakan untuk membesarkan burayak saja.

Ketika anda menggunakan media kolam tanah anda cukup meletakkan indukan dalam kolam yang tentunya sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Untuk lopster air tawar yang ukurannya sudah sesuai denga permintaan pasar, maka anda bisa menjualnya.

Dan lopster air tawar yang belum sesuai dengan permintaan pasar bisa anda masukkan kembali ke dalam kolam sampai mencapai ukuran yang diminta pasar.

Jangan lupa agar lopster yang anda budidayakan diberi pakan tambahan berupa sayur-sayaran atau pakan yang bisa anda beli di toko.

Karena lopster dengan cara budidaya seperti ini akan mahal apabila dijual di pasaran, karena pakan yang diberikan juga bergizi.

2.Syarat Hidup Lopster Air Tawar

Lopster air tawar ini biasanya memerlukan lahan atau tempat budidaya yang cukup lebar, selain itu lopster air tawar juga sangat toleran dengan oksigen yang rendah.

Tetapi kalau anda membudidayakan lopster air tawar dengan seringnya oksigen dengan rendah maka lopster akan susah berkembang biak dengan baik.

Oksigen yang bisa menjadi pedoman dan dapat digunakan untuk nisa hidup dan berkembang biak dengan baik adalah sekitar 4ppm.

Sebenarnya tidak hanya oksigen saja yang bisa menunjang hidup dan berkembangnya lopster air tawar.

Anda juga perlu memperhatikan suhu udara yang tentunya ada di kolam tempat anda membudidayakan lopster air tawar tersebut.

Lopster air tawar sangat cocok hidup di kolam dengan suhu 25 – 29 Derajat Celsius, untuk tingkat keasaman air lopster air tawar sangat cocok dengan air tawar yangtenntunya memiliki keasaman sekitar 7 – 9 pH.

Maka dari itu anda akan sangat susah menjumpai lopster air tawar yang airnya memiliki keasaman di bawah 7 pH.

Selain air banyak mengandung oksigen dan keasaman lopster juga memerlukan perairanyang memiliki kandungan kapur sedang sampai tinggi.

Hal ini diperlukan untuk menjaga kadar kalsium sebagai proses pembentukan cangkang lopster air tawar.

3.Memilih Induk Lopster Air Tawar Yang Baik

Kalau anda menginginkan mencari indukan yangbaik maka saran kami pilihlah lopster yang mempunyai ukuran 4 inci atau 10 centimeter.

Biasanya lopster dengan ukuran 4 inci atau 10 centimeter sudah mempunyai usia 5 sampai 6 bulan.

Kenapa kami sarankan ketika memilih indukan yang sudah mempunyai ukuran seperti ini? Karena pada masa ini lopster air tawar akan memiliki telur yang cukup banyak dalam proses pembuahannya.

Berikut akan kami bagikan cara memilih calon indukan lopster air tawar yang memiliki kualitas baik, agar anda tidak dirugikan ketika hendak membeli indukan lopster air tawar.

  • Belilah indukan lopster air tawar yang sudah mempunyai sertifikat
  • Perhatikan jenis kelaminnya, jangan sampai anda tertipu dengan lopster yang kelihatannya betina tetapi kenyataannya pecantan.
  • Pilihlah indukan lopster air tawar yang lebih besar dari pada lopster air tawar yang lain
  • Pilihlah lopster yang gemuk, jangan sampai anda mendapatkan lopster yang kepalanya lebih besar ukurannya dibandingkan tubuh dan ekornya. Kalau anda menemukan lopster seperti ini berarti lopster ini kurang makan dan kurang nutrisi.

Kalau anda sudah memilih indukan yang sudah seperti kami sampaikan di atas maka langkah selanjutnya adalah anda bisa mengawinkan lopster yang sudah berusia 5 sampai 6 bulan atau yang ukurannya 4 inci atau 10 cm.

Jangan mengawinkan loppster yang usianya masih muda atau dibawah usia tersebut karena akan mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan anaknya nanti.

Ketika anda ingin memisahkan antara lposter jantan dan betina waktu yang tepat adalah ketika lopster sudah mencapai ukuran 2 inci atau 5 cm.

Anda bisa mengambil salah satu dari lopster yang ada di kolam, kemudian mengukur dengan manual, kalau sudah mencapai ukuran itu maka bisa dipisahkan.

4.Proses Pembenihan

Masih ada hubungannya dengan penjelasan nomor 3 di atas, sebelum anda memulai cara budidaya lopster air tawar yang harus anda lakukan adalah memilih benih yang bagus.

Anda perlu membedakan antara indukan pejantan dan indukan betina, bagaimana cara membedakan indukan pejantan dan indukan betina.

Berikut ini adalah tata cara membedakan indukan pejantan dan betina :

Indukan Pejantan

Capik bagian luar lopster pejantan ada bercak dengan warna merah, tanda merah ini akan muncul pada saat usia lopster 3 sampai 4 bulan.

Ukuran lopster pejantan sekitar 3 inci atau 7 cm, usia lopster pejantan seperti ini sudah siap dikawinkan dengan lopster betina.

 Indukan Betina

Capik tidak ada tonjolan atau organ reproduksinya (penis), ada lubang dipangkal kaki ketiga kalau dilihat dari ekor.

Lubang tersebut merupakan organ reproduksi atau kelamin dari lopster betina dan tempat untuk mengeluarkan telur-telurnya.

5.Mengawinkan Lopster

Pada tahap ini anda bisa mengawinkan lopster dengan cara menggabungkan antara indukan pejantan dan indukan betina menjadi satu.

Anda bisa menggabungkan indukan pejantan dan betina dalam wadah atau akuarium dengan ukuran 1 x 0,5 x 25 cm.

Pada wadah atau akuarium dengan ukuran itu, anda bisa memasukkan 5 lopster betina dan 3 lopster pejantan.

Pada tahap perkawinan ini lopster betinalah yang akan memilih pasangan, jadi saran kami jangan hanya satu pejantan yang anda masukkan di dalam wadah atau akuarium.

Setelah anda memasukkan lopster ke dalam wadah atau akuarium, kemudian langkah selanjutnya adalah meletakkan pipa paralon dengan diameter 2 inci dan panjang 20 cm.

Jangan hanya satu buah, bisa sebih dari satu, kemudian tunggu sampai dua minggu, karena pada waktu dua minggu indukan betina sudah mulai bertelur.

Ketika lopster sedang melakukan perkawinan biasanya akan membentuk huruf Y, pada saat lopster pejantan akan mengeluarkan sperma dan meletakkan di dekat pangkal ke dua kaki indukan betina.

Dan sperma dari indukan pejantan akan berwarna putih dan kemudian menggumpal agak keras kemudian akan larut ke dalam air.

Setelah proses pembuahan, indukan betina atau lopster betina akan pergi menjauhi indukan pejantan atau lopster pejantan secara berlahan-lahan.

Lopster betina akan mengeluarkan telurnya dari lubang pangkal kaki ketiga dengan melewatisperma lalu turun ke ekor ebdomennya.

Kemudian telur-telur yang sudah dikeluarkan akan dikumpulkan di dalam abdomennya sambil menutup rapat ekornya salama kurang lebih satu minggu.

6.Pemindahan Indukan

Pada proses pemindahan lopster indukan akan terjadi proses pegeraman dan penetasan telur-telur lopster air tawar.

Pada umumnya akan dilakukan pada 2 sampai dengan 3 minggu setelah terjadinya pembuahan.

Telur baru akan menempel dan indukan betina akan berjalan mengelilingi telur dengan posisi ekor yang terbuka dengan maksud agar telurnya terlihat dengan jelas.

Kalau anda sudah melihat penampakan indukan betina seperti ini maka indukan betina sudah dapat dipindahkan ke kolam penetasan dengan diameter sekitar 1 x 2 meter.

Bagaimana anda bisa mengetahui telur sudah matang? Berikut ini adalah cara untuk bisa mengetahuinya :

  • Pada minggu kedua telur masih berbentuk bulat
  • Pada minggu ketiga telur mulai terdapat bintik hitam dan masih bulat dan bintik hitam ini disebut dengan embrio
  • Pada minggu keempat capit sungut dan kaki sudah mulai tumbuh di dalam telur, pada masa ini lopster anakanmasih belum bisa mandiri. Kalau sampai telur rontok pada masa ini maka dapat dipastikan kalautelur akan mati.

Yang pelu anda ketahui ketika lopster indukan menggoyang-goyangkan kaki dengan tujuan untuk berenang, maka sebenarnya indukan ini sedang memberikan oksigen pada telur-telurnya.

Dan lopster indukan betina tersebut sekaligus merapikan telur-telurnya yang akan rontok atau terlepas dari teman-temannya dengan menggunakan kaki.

  • Minggu kelima kita bisa mengamati kalau seluruh kuning telur mulai habis, dan pada masa sekarang ini embrio mulai terlepas dari lopster induknya satu demi satu dan mulai mencari makananya sendiri.

Tetapi tidak semua telur terlepas dari kaki induknya, masih ada yang menempel dengan lopster indukannya.

Pada situasi seperti ini anda bisa membatu merontokkan embrio yang masih menempel agar bisa terlepas semua.

Langkah selanjutnya anda bisa memindahkan indukan lopster betina ke dalam wadah atau akuarium setelah kakinya bersih dari telur-telur yang menempel kurang lebih 5 minggu.

Biarkanlah indukan lopster betina waktu untuk beristirahat sampai berganti kulit, kurang lebih selama 2 minggu.

Pergatian kulit menunjukkan bahwa lopster indukan betina ini badannya sudah semakin besar, jadi kelak kalau mempunyai telur akan bisa membesarkan telur semakin banyak.

7.Pemeliharaan Benih Lopster Air Tawar

Lopster air tawar yang sudah menetas tentunya belum bisa mencari makanan sendiri, maka dari itu anda harus memberikan keperluan untuk bisa bertahan hidup.

Diantaranya adalah sayur-sayuran bisa juga umbi-umbian, jadi lopster anakan ini bisa juga diberi makan cacing suter atau cacing beku dengan maksud dan tujuan untuk memacu tumbuh kembangnya dengan baik.

Pada proses pemberian pakan sebaiknya diberikan sebanyak 30 % dari besar badannya dan jangan terlalu sering, sehari cukup dua kali yakni pada waktu pagi dan sore hari.

8.Panen Benih Lopster Air Tawar

Saat ini adalah saat yang dinanti-nantikan, anda bisa melakukan pemanenan benih lopster air tawar ketika benih sudah mencapai ukuran 1 sampai dengan 2 cm.

Pemanenan sangat baik dilakukan pada pukul 09.00 pagi dan berada pada lingkungan yang terbuka dan air yang anda pakai untuk meminddahkan jangan berbeda dengan air yang ada di dalam kolam atau akuarium sebelumnya.

Kenapa hal ini sampai dilakukan? Tujuan utamanya adalah agar benih lopster yang akan dipindahkan tidak mengalami stress, kalau sudah stress maka akan mudah mati.

Caranya adalah campur air yang masih baru dengan air yang ada di kolam atau akuarium sebelumnya, dengan begitu akan menjaga benih lopster akan bertahan hidup.

Karena benih lopster sangat sensitive terhadap lingkungan, apalagi perubahan musim, jadi anda yang akan melakukan budidaya lopster hendaknya bisa memahami ini.

Jangan sampai hasiljerih payah anda selama ini gagal begitu saja karena anda tidak bisa memahami kondisi cuaca.

Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi anda semua agar kedepannya bisa lebih tahu bagaimana tata cara membudidayakan lopster air tawar dengan baik.

Dan tujuan awal agar kita bisa menikmati lopster dengan harga yang bisa kita jangkau akhirnya bisa terwujud.

Karena banyaknya stok lopster air tawar yang dibudidayakan oleh banyak orang yang ada di sekitar kita.

Cara Budidaya Lobster Air Tawar Dengan Benar

Atau bahkan telak kita budidayakan sendiri, semoga bisa bermanfaat dan bisa membawa berkah bagi siapa saja.

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga apa yang sudah kami bagikan bisa berdampak luas untuk memenuhi keinginan masyarakat yang ingin merasakan daging lopster tentunya dengan harga yang terjangkau.

Di ambil dari berbagai sumber…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *